jackalride

ride through the night

Bajaj membuat mobil.. dengan ban motor!

13 Comments

Malam menuju larut, brosis.

Iseng melihat apa yang terjadi di dunia maya.. Rada heran habis tau mobil yang satu ini.

Dari depan.. terlihat tidak ada yang out-of-the box.. Tapi..?!

Mobil satu ini adalah buatan Bajaj. Yak, bajaj. Bajaj autoparts, yang kemarin baru mendisplay pulsar 400 series. Mobil konsep buatan mereka yang dinamakan “U-Car Concept”, menawarkan gaya mobil perkotaan yang minimalis.. dan menggunakan roda motor!

Mesin mobil ini menggunakan teknologi 4 klep, plus teknologi injeksi, water-cooled, plus fitur khas bajaj yang bernama Triple Spark alias businya tiga.. Sama kayak P200NS.. Sayangnya, sebagaimana concept bike biasanya, spesifikasi mesin secara lengkap belum disebar-luaskan. Namun Jackalride rasa, cukuplah untuk menjadi jantung dari mobil berbobot 300 kg ini.

..ban motor?! ๐Ÿ˜ฎ

Kalau dilihat, disawang, dimatke dari depan.. Memang dua roda depan pakenya roda mobil.. Lain halnya dengan belakang. Dua roda motor yang dijejer rada dekat, menjadi penopang yang secara konsep udah ciamik banget, tapi dengan desain body yang pas, jadi keliatan ngga maksa menurut Jackalride.
Desain body secara total, futuristik sih. Lampu yang nyudut seperti mata robot, plus bamper yang minimalis, ditambah dengan sistem pintu yang menganut model gunting (bukanya ke atas, bukan ke samping), menambah kesan futuristik namun minimalis, seperti konsep yang diharapkan Bajaj.
Mobil ini ditujukan untuk pengguna kendaran pribadi brosis, sebelumnya Bajaj juga mencoba membuat concept car lain yakni RE60. Bedanya adalah, RE60 diperuntukkan untuk transportasi komersial.

RE60, mobil minimalis lainnya. Mungkin garis desain ini yang jadi acuan bajaj ke depannya.

Belum tau juga kapan Bajaj mau merilis mobil unik ini.
Kalo Bajaj jadi comeback ke Indonesia, kira-kira jual ini ga ya hehehehehe :mrgreen:

ntar bakal kompetisi sama mobil murah lain tuh, seru. ๐Ÿ˜ˆ

Selamat Malam….
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

13 thoughts on “Bajaj membuat mobil.. dengan ban motor!

  1. bikin mobil pun terinspirasi model bajaj terbalik :mrgreen:

    Moto GP 4 Valve vs 2 Valve ๐Ÿ˜€
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/06/4-valve-vs-2-valve-part2-on-motogp/

  2. Pantesan produk jepang di india all out,entah dr fitur teknologi ataupun dr kelas motornya,lha wong produk lokal india aja kayak gt perkembangannya..
    Mau ga mau jepang kudu all out dsitu..
    Trs bandingkan produk jepang yg notabene “baru” di indonesia yg ternyata adl trmasuk produk lawas di india,,
    indonesia sih ga punya produk nasional buat tandingan produk asing,makanya produk asing d sini ga perlu all out cmiiiw..

    • disitu bener-bener keliatan, “buah” nasionalisme mereka yang begitu harus kita tiru dari mereka.
      Jika produsen otomotif nasional kita beli produknya, maka mereka akan punya modal, modal itulah yang membuat mereka bisa riset teknologi yang lebih maju lagi… Ini yang sangat perlu kita tiru dari mereka.

      Ya memang benar, saya rasa Jepang memang mengeluarkan produk-produk “lawas” mereka dengan packaging “baru” di negeri kita.. Tapi untuk kasus CB150R dan NVL, yang notabene diracik khusus untuk market Indonesia.. Jackalride rasa pabrikan jepang sudah mulai memperhitungkan Indonesia sebagai kawasan pengembangan motor baru, tidak hanya sebagai market yang bisa dikasih barang yang bentukannya sama dengan market global, walau buatan lokal.. hehe

  3. Kapan Indonesia memiliki produk kebanggan gini?? Susah hidup di Daerah Konsumtif…. :mrgreen:

    • Masalahnya di Indonesia ini memang rada susah untuk melepaskan cengkeraman dari first mover, mas. Pabrikan jejepangan sudah menjadi first mover disini, dan orang Indo sendiri rada susah untuk melepas diri dari mindset lingkungan sosialnya.. Misalkan, beli Honda aja, ntar biar awet, ngga usah neko2 beli merk lain.. Gitu. Plus, pabrikan yang “mengaku” buatan Indonesia juga kualitasnya begitu kan, kita tau sendiri. Jadinya orang Indo malah antipati sama produk yang “ngakunya” Indonesia.

      Kalo pabrikan sekelas Astra, yang namanya sudah besar.. bisa dan mau mencontoh apa yang dilakukan Hero, saya rasa orang Indonesia juga bakalan menyambut baik niatnya. Masalahnya.. Akankah itu terjadi? Kapan? ๐Ÿ˜€

      Memang harus sabar, bro, kayak orang India, dalam menyikapi produk nasional. Mana ada pabrikan yang awal kali mbrojolin motor langsung bagus. Hero India aja pas ngeluarin motor pertama kali bentuknya acakadut ngga karuan itu model jadul, tapi tetep dibeli ama India, modal bertambah dan produk nya makin bagus, bahkan bisa join produksi segala… Gitu kan.

      Ups kepanjangan :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s