jackalride

ride through the night

Mengapa speedometer tidak akurat?

7 Comments

Malem, brosis.
Jackalride rasa, bahasan ini sudah tidak sedikit yang mengetahuinya, namun tidak menutup keinginan saya untuk membahas ini sedikit, supaya bisa didiskusikan.

“nakal”?

Speedometer di motor kita itu nggak akurat lho!
Kecepatan speedometer kita itu nggak menunjukkan kecepatan laju motor kita yang sesungguhnya. Perbedaan antara kecepatan di speedo dan sebenarnya dinamakan deviasi atau penyimpangan. Tiap motor beda-beda penyimpangannya. Di CB150R saya, penyimpangannya sekitar 10%. Di Verza punya rezaholic, sekitar 5%. Di NVL, antara 5% juga.. Apache 180, sekitar 4%.. Dan seterusnya. (atau mau nambahin? :mrgreen:)

GSX-R 600. Deviasi 8-9%. Lumayan kan?

Penyimpangan itu bukanlah salah bikin, brosis. Memang sengaja dibuat kayak gitu. Mengapa?


Pertama. Dari faktor Psikologis.
Coba bayangkan, misalnya anda melaju naik motor dengan kecepatan 70 kmpj. Namun, speedometer brosis, menunjukkan 80 kmpj. Otomatis, anda akan merasa: “wah, udah segini kenceng, udah deh, turunin”, atau “wah, udah jangan dinaikin lagi kecepatannya”.

Memang speedometer dibuat “lebih kenceng” supaya anda nggak “kenceng” naiknya :mrgreen:

Selain itu, kalo speedometer anda menunjukkan angka yang lebih besaaarr…. Jackalride yakin, brosis sekalian sadar kalo brosis jadi lebih aware ketika nyetir. Lebih konsentrasi dan meningkatkan perhatian ke aktivitas mengemudi. Positif kan, efeknya?

Kedua. Dari faktor hukum.

Pasti brosis pernah liat marka atau aturan jalan yang melarang pengguna motor melaju diatas sekian kilometer per jam. Misalnya, maksimum kecepatan di jalan ini adalah 50 kmpj. Nah, anda di stop polisi.. Misalnya.. Dengan kecepatan 56 kmpj, anda masih selamat dan dibiarkan pergi sama pak polisi. Mengapa? Karena sesungguhnya, anda melaju dengan kecepatan 50 kmpj.
Nah, kalo speedometernya tidak menunjukkan angka yang “lebih kencang”… Gimana? jelas kecekel atau ketangkep deh sama pak polisi..

Hehe 😈
Memang.. Di Indonesia belum ada alat yang akurat bagi polisi untuk mengetahui kecepatan aktual motor kita.. Siapa tau kedepannya bisa.

Speedometer kita udah bener disetting dari sananya begitu. Jackalride harap, kita keep safety riding aja, speedonya jangan diutak-atik atau diowah-owah :mrgreen:

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

7 thoughts on “Mengapa speedometer tidak akurat?

  1. Manusia tempatnya salah, yang akurat datangnya dari tuhan.. huhahahaha :mrgreen:

    Skywave 250.. apik tenan..
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/03/suzuki-skywave-250-duh-dek/

  2. untung aku gak percaya spidometerku, mosok gak pernah lebih dari 100 :mrgreen:

  3. Alhamdullilah apache cuma 4%.

  4. Pingback: Kencang di speedo, belum tentu aslinya sekencang itu.. | jackalride

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s