jackalride

ride through the night

Kenapa tutup tangki Honda New Megapro FI masih njendol?

5 Comments

Mumpung bahasan mengenai NMP gen-terbaru, NMP FI belum jadi bahasan yang basi.

Brosis sekalian pasti sudah menyimak kalau AHM baru-baru ini meluncurkan New MegaPro yang sudah menganut pengabut bahan bakar bersistem injeksi. Tentunya NMP FI masih menjadi buah pembicaraan saat ini.

Upgrade ke sistem PGM-FI ini, Jackalride rasa nggak sampai melalui major change, yang sama sekali beda.. Memang kalau kita membicarakan sektor fisik, terdapat beberapa fitur yang di upgrade, misalnya pass-beam yang menyatu dengan kontrol lampu kota dan jauh, spakbor kolong, shroud baru, spakbor depan, dan tentunya striping baru. Tapi kalau dilihat sekilas.. Memang Jackalride akan berpendapat bahwa nothing’s really new. Memang perubahan di sektor fisik nggak terlalu terlihat banget.

Kita nggak akan mbahas sektor mesin, karena memang Jackalride mau fokus ke satu hal, yang satu ituuu beneran jadi buah omongan orang, baik rider NMP, para pencinta otomotif, atau yang antipati sama AHM.

Yaitu, tutup tangki Honda NMP FI yang masih njendul, bagaikan stupa candi di dataran cembung.

njendul. (dari lexyleksono.wordpress.com)

Tangki njendul ini masalah kah?

Masalah.

Tangki njendul ini punya sistem pengaliran luapan air yang lebih rentan terhadap semprotan air bertekanan tinggi, alias nggak bisa kesiram air dalam debit yang terlalu banyak. Misalnya, yang paling gampang aja deh.. Kehujanan di jalan. Nggak sedikit NMP lover yang mengeluh karena tangkinya kemasukan air, terus jadi karatan, bocor, mbrebet, dan lain-lainnya.

Lalu, kenapa NMP FI masih menganut tutup tangki yang abadi dari jaman Honda lawas ini?

Sekarang, Jackalride mau nanya balik.

Apa yang terjadi kalo misalnya NMP FI tutup tangkinya rata?

Tutup tangki RATA nya CB150 Invicta. NMP nya Amerika Latin.

Misalnya ditawarin, brosis mending beli Tiger atau NPM FI kalo tutup tangki NMP FI itu rata?
Ya beli NMP FI kan? Positioning sama2 buat motor turing. Tapi NMP FI kalo tutupnya rata, secara visual bakal mendongkrak dan mengurangi was-was ketika menerabas hujan deras sekalipun.

Yap, Jackalride rasa, alasan NMP FI belum menganut varian tutup tangki rata, adalah karena Tiger tutup tangkinya masih njendol! Coba deh.. Misalkan, Verza yang banderol paling murah, dikasih tutup tangki rata. Jackalride yakin banyak orang bakal berpindah hati dari niatan membeli CB150R Streetfire.

Kenapa harus menunggu Tiger tangkinya rata dulu? Ini soal pemetaan power dan positioning dari produk, brosis. Motor sport lokal produksi AHM ada 4.. Kalo CS-1 nggak dimasukin. Bagaimana caranya supaya laku? Masing-masing produk, harus punya fitur yang menjual. Tapi fitur yang menjual itu, nggak boleh mengganggu produk dengan banderol diatasnya, makannya, makin kebawah, fitur motor dalam sebuah lini harga bakal makin kepangkas.

Sayangnya, Tiger FI memang kelamaan muncul.. Harus diakui disini respon AHM termasuk lambat menurut Jackalride.

Jackalride bukan fans AHM, tapi Jackalride suka dengan bagaimana AHM melakukan pemetaan market. Strategis, dan perhitungan. Dan itulah alasan mengapa AHM menerapkan tutup tangki yang masih njendol pada NMP FI. Supaya tidak mengganggu CB150R dan Tiger, tentunya.

Bentuk tutup tangki memang bukan sesuatu yang sangat menentukan untuk menentukan orang bakal beli produk motor sport apa, tapi paling tidak, ada pengaruh yang tidak kecil dari bentuk visual motor dan ketahanan motor, terhadap keinginan orang buat beli motor itu.

Semoga Tiger FI tangkinya rata ya brosis. Haha. Jackalride juga menanti nih.
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

5 thoughts on “Kenapa tutup tangki Honda New Megapro FI masih njendol?

  1. For the reason that the admin of this web page is
    working, no doubt very soon it will be famous, due to its quality contents.

  2. Ini alasan paling rasional menurut saya… Kadang kadang jengkel juga ngelihat Honda suka tutup tangki yang jendol jendol

  3. saya sudah merasakan, tangki masuk air dan mesin jadi brebet..
    sudah servis cuci tangki dll ttp saja sama. akhirnya..megapro saya jual..
    sangat kecewa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s