jackalride

ride through the night

Review Honda Verza 150: At a glance (Part 1)

1 Comment

Intro

Honda Verza 150 adalah motor sport 150cc yang digadang pabrikan Honda sebagai motor sport kelas entry. Berbekal mesin SOHC 2 klep 4 langkah yang sudah ditanamkan teknologi PGM-FI, motor ini tentunya tepat jika mencoba untuk menghajar kompetitornya dari sisi value. Bagaimana reviewnya? Yuk kita simak.

jackalride verza test 1

Desain

Honda Verza memiliki lini desain yang boleh dibilang, setengah badan ke belakang itu mak plek adalah kombinasi dari NMP (New MegaPro) dan Old MegaPro (MP). Di stoplamp belakang, ada lampu stop khas Old MegaPro (MP), yang bentuknya trapesium dan merah besar. Di sisi behel belakang juga 11-12 dengan MP.

Mengarah ke sisi swing arm dan roda. Perbedaan dengan NMP, yang menjadi bahan desain dari Verza, hanya terletak di sistem suspensi yang masih menganut sistem stereo atau dual shock. Warna merah mentereng yang menjadi flagship khas Honda, membalur penuh spiral suspensi. Ini berarti memang Honda pede untuk menonjolkan fitur dual shock milik Verza ini brosis.

Pada bagian tank atau tangki bensin dan body depan.. Bentuk tangki mak plek hampiiiiir mirip dengan MP. Sistem sasis.. Lekukan tangki.. Ukuran tangki.. Mungkin bila dibandingkan dengan gen awal MP, ya beda banget. Tapi jika dibandingkan dengan MP yang update terakhir, ya mirip banget brosis. Kalau njenengan cermati, bagian tangki tanpa shroud bakal memperlihatkan aura khas MP (yang beli versi SW mungkin udah nyadar dari pas beli).

Dari sisi head aja nih yang beda. Malahan, dari sisi head, Verza mirip banget sama kakaknya, yaitu CB150R Streetfire. Kenapa demikian? Honda udah ngerti kalau desain batok lampu bulat mulai ditinggalkan, dan sementara project GL150R ini digarap, waktunya cukup singkat, namun butuh headlamp yang bagus. Nah, dari situ diciptakanlah head yang mirip CBSF sebagai strategi derivatif khas Honda.

Roda, ban, knalpot, spion, dan tutup tangki adalah common part dengan NMP.

Teknologi

Teknologi PGM-FI dibenamkan pada mesin SOHC 2 klep 4 langkah ini sudah menganut sistem closed loop, dengan membekali Verza sebuah O2 sensor di bagian mesin. Mesin berdaya 13,2 PS/8.500 rpm ini juga terlihat cukup untuk motor ekonomis ini. Perlu diingat, mesin NMP yang menjadi base mesin Verza ini, adalah mesin dari honda CRF150, mesin dari motor garuk.

Mesin dilengkapi 5 gear dengan sistem 1-N-2-3-4-5 seperti halnya motor sport lainnya. Kabel gas pun sudah menganut sistem push-pull yang menggunakan 2 kabel gas. Kayaknya ini diaplikasikan supaya tarikan lebih enteng dan enak.

Di bagian speedometer, sayangnya Verza ini absen Tachometer. Ini yang menurut jackalride agak sulit diterima. Soalnya, motor sport memang butuh fitur ini untuk manteng rpm.. Tanpa fitur tersebut, memang dikhawatirkan agak lost ketika nyetir.

untuk bagian test ride bersambung ke part 2

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

One thought on “Review Honda Verza 150: At a glance (Part 1)

  1. Pingback: Launching NMP-FI region Jogja, test ride bareng anak KOBOYS. Footstep = Baret! | jackalride

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s